Thursday, 23 April 2015

Mercedes Benz OC 500 RF 2542

Hai guys !
Gue udah on lagi nih, setelah kemaren gue berperang di atas meja melawan 50 soal UN yang susah, akhir nya gue back to you....

Oret, kali ini gue mau bicara sedikit nih tentang yang namanya kerangka (=chassis), tentu semua kendaraan di planet ini menggunakan kerangka bukan? Kerangka adalah suatu komponen dasar suatu kendaraan yang membentuk pola kendaraan, biasanya kerangka dianggap sebagai tulang nya kendaraan.
Tapi kali ini gak semua kendaraan gue bahas kerangkanya, gue bakal bahas kerangka bus dari perusahaan besar asal Jerman, yap Mercedes Benz (pengucapan bahasa Jerman: [mɛʁˈtseːdəs ˈbɛnts]).


Bicara sedikit tentang Mercedes Benz, perusahaan ini awalnya dari penemuan seorang bernama Karl Benz yang menemukan kendaraan berbahan bakar bensin numer wahid di antero jagat ini terus pada Januari 1886 dipatenkan, Benz Pantent Motorwagen. Terus mulai tuh dia dibantu sama 2 teknisi muda di jamanya, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach mulai memproduksi mobil mobil jadul pada 1901,

Mercedes Benz class tahun 1901.

Cukup ya belajar sejarah, lanjutttt.....
Di dunia per-bus-san di Indonesia, mulai belakangan ini sedang heboh tentang produk Mercedes Benz OC 500 RF 2542 yang merupakan saingan utama perusahaan MAN R37. Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini diimpor langsung dari Spanyol dengan dapur pacu OM457LA yang lebih kuat dan lebih efisien buat jarak jauh.


Selain itu Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC sehingga akan menghasilkan daya sekitar 422 Hp pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.

Chassis untuk bus baru di memiliki ukuran lebar 2.500 mm panjang 14.355 mm dan tinggi chassis 1.720 mm. Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini lebih irit karena dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.


Keren nya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 sudah dilengkapi dengan keamanan terbaik.
a. Retarder untuk memastikan daya pengereman dan  ASR Sistem pengereman. 
b. Disk Break
c. ABS (antilock Breaking System)
d. Sistem anti-selip atau Electronic Stability Program (ESP®)
e. Sistem pengereman elektronik (EBS)

Wah, mantab ya... Kerangka ini mulai masuk ke Indonesia setelah ada pesanan dari PO yang berasal dari Aceh, PO Kurnia, mereka memilih Mercedes Benz OC 500 RF 254 karena memiliki double axle, yang sangat cocok untuk jalur Sumatra. 

Penampakan PO. Kurnia+Wifi

  Tampak Depan berbalut Body Jetbus High Decker 2 by Adi Putro

Nah, jadi itulah tadi biodata dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542, semoga bermanfaat. 
Bonus : 

credit : 

2 comments: