Thursday 2 April 2015

Tips Sederhana Memulai Usaha Jasa Transportasi Bis

Sesuai judulnya, kali ini gue dapet artikel bagus walaupun masih sederhana, dan semoga bermanfaat
Usaha Jasa Transportasi sudah mulai berkembang di Indonesia, khususnya Transportasi Darat, terlihat dari banyaknya kendaraan Umum yang melintas di jalanan. Dari usaha jasa tranportasi tersebut banyak yang sukses, namun tak sedikit pula yang bangkrut. Berikut ada beberapa tips sederhana dari Kepala PO bus agar anda yang ingin membuka usaha jasa tranportasi tak ketarketir ketika andamulai membangun usaha itu. Check this out! 


1. Tentukan Pilihan Jenis Jasa Transportasi Yang Anda Rintis (Reguler atau Pariwisata)

Untuk memulai usaha perbisan, sebaiknya dipilih salah satu dulu apakah mau masuk ke bisnis bis reguler atau wisata. Masing-masing jenis memiliki karakter yang berbeda dalam hal resiko, sistem operasi dan biaya operasionalnya.

Bis Reguler terkait erat dengan beberapa faktor, antara lain:

a. Apakah trayek di jalur yang dipilih masih terbuka atau sudah tertutup ? 
Kalau masih terbuka kita bisa mengajukan langsung ke Departemen Perhubungan untuk Trayek Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) melalui Ditjen Hubdar. Kalau sudah tertutup kita harus mengakuisisi trayek dari suatu PO yang hendak dijual.  

b. Bagaimana Karakter Pesaing di Jalur / Trayek Tersebut ?
Apabila pesaing di jalur tersebut adalah PO-PO besar (yang memiliki armada banyak dan baru-baru) maka kita harus siap dengan strategi persaingan yang matang, termasuk dengan pemilihan armada yang bagus dan tentunya dengan modal yang cukup.
    
c. Bagaimana Perilaku Penumpang di Jalur Tersebut?
Apakah penumpang fanatik pada PO tertentu atau pada merk Chassis tertentu ?, apakah mereka senang dengan bis yang ngeblong ? atau bis yang nyantai ? semuanya kita pelajari dulu guna menentukan merk armada apa yang akan kita gunakan untuk persaingan 

Bis Pariwisata terkait dengan beberapa faktor berikut:

a. Potensi Pasar yang Dijaring
Di setiap daerah memiliki potensi pasar yang berbeda-beda. Misalnya di Jawa Timur (di daerah kultur NU) potensi pelanggan bus wisata untuk ziarah Wali Songo sangat besar. Di Jakarta potensi pelanggan wisata Karyawan dan Pelajar yang sangat besar, oleh karenanya strategi marketingnya jelas berbeda. Untuk mendapatkan pasar peziarah Wali Songo anda harus mendekati kelompok-kelompok pengajian, sedangkan untuk pasar Karyawan dan Pelajar anda harus mendekati Travel Agent, Event Organizer (Out Bound Organizer serta Guru-Guru Sekolah). 

b. Kemampuan Daya Beli Pelanggan
Kemampuan daya beli pelanggan perlu di survey juga sehingga anda bisa menentukan armada yang anda tawarkan apakah kelas VIP (seat 2-2) atau kelas AC Biasa (seat 2-3) atau bahkan kelas ekonomi (seat 2-3 Non AC).

c. Karakteristik Pesaing
Perlu juga diperhatikan karakteristik pesaing anda, armada kelas apa yang paling banyak mereka pakai (yang paling laku) ? apakah yang AC 2-2, 2 - 3 atau ekonomi. Sisi positif dan negatif apa yang dimiliki oleh mereka berdasarkan opini dari pelanggan mereka. Hal ini penting untuk menghindari agar sisi negatif yang dimiliki oleh pesaing anda tidak terdapat di tempat anda, bahkan sisi positif pesaing anda bisa anda saingi.     

2. Tentukan Merk Chassis Armada yang Anda Gunakan


Penentuan armada yang akan gunakan sangat penting karena begitu anda salah memilih, hanya
karena faktor senang, emosional atau gengsi, maka anda akan masuk dalam masalah besar.
Pelajari karakter masing-masing produk dari sisi :

a. Ketahanan / Kehandalan Kendaraan
Sebaiknya anda memilih kendaraan dengan ketahanan dan kehandalan yang tinggi (awet, tidak gampang rusak). Tidak ada salahnya anda melakukan bench marking dulu. 

b. Biaya Operasional (Konsumsi BBM dan Mudah Perawatan)
Sebaiknya anda memilih kendaraan yang irit konsumsi BBMnya dan perawatannya mudah. 

c. Ketersediaan / Kemudahan Spare Parts
Sebaiknya anda memastikan bahwa spare parts kendaraan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat di daerah operasi bus anda. Sebagai pemula tidak disarankan untuk memilih kendaraan yang langka / sulit spare partnya atau armada yang baru diluncurkun oleh suatu pabrikan untuk uji coba (belum teruji kualitasnya) .  

d. Minat Pelanggan
Sebaiknya anda juga memperhatikan minat pelanggan terhadap merk yang disukai, tetapi anda jangan selalu terjebak pada keinginan mereka, justru sebaiknya anda memiliki strategi untuk memberikan edukasi kepada pelanggan anda bahwa bis yang anda pakai tidak kalah kualitasnya dengan merk bis yang mereka minati (apabila tidak sama dengan minat pelanggan pada umumnya). 

e. Armada Bekas atau Baru ?
Apabila anda memulai bisnis bis dengan sangat sungguh-sungguh, untuk langkah awal sebaiknya anda membeli armada 100% baru. Memang ini membutuhkan investasi besar, tetapi untuk setidaknya 5 tahun pertama (bila anda gunakan untuk wisata) atau 2 tahun pertama (apabila anda gunakan untuk trayek reguler), anda terhindar dari resiko kerusakan-kerusakan kendaraan.

Setelah anda memiliki sejumlah armada baru, anda bisa membeli tambahan (cadangan) armada bekas yang merknya sejenis. Mengapa ?, supaya memudahkan montir anda mendalami seluk-beluk dan karakter chassis yang anda gunakan. Sebab bila anda mempunyai armada yang berbeda-beda, membuat montir anda tidak sensitif terhadap karakter chassis tersebut 

3. Pilih SDM Yang Tepat

Disadari atau tidak disadari usaha bis adalah usaha yang sangat "berani" karena alasan:
- Pemilik bus mempertaruhkan investasinya yang ratusan juta rupiah ke tangan crew.
- Pemilik mempertaruhkan reputasi /nama baik dan pelayanan penumpang / customer kepada Crew. (Pelanggan bus selama berjam-jam di perjalanan berinteraksi, melihat polah-tingkah dan perilaku crew)

Padahal diakui atau tidak Crew (khususnya Sopir), mayoritas bukanlah orang yang berpendidikan tinggi. Namun tidak berarti bahwa orang pendidikan tinggi selalu berperilaku baik, sebaliknya orang berpendidikan rendah berperilaku buruk. Tidak seperti itu.

Memilih Crew yang baik bagi PO yang baru berdiri memang agak sulit. Biasanya crew yang baik-baik sudah kerasan di PO yang besar dan tidak ingin coba-coba pindah ke PO baru. Bagaimanapun juga anda harus mampu mencari crew yang berperilaku baik. Salah memilih Crew berarti anda mempertaruhkan harta ratusan juta rupiah serta reputasi anda kepada orang yang salah.

Selain Crew (Sopir dan Kenek yang baik) maka Bagian Operasional dan Montir yang baik juga harus dipersiapkan dengan hati-hati. Banyak sekali kebocoran PO juga dikarenakan oleh orang-orang bagian operasional dan montir yang tidak bisa dipercaya. Sebaiknya anda mencari referensi dan mengenal dengan betul-betul perilaku SDM andi di bidang ini.

Untuk bus Reguler yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah anda harus hati-hati memilih Control dan Agen Pemasaran. (Karena mereka berpotensi konspirasi dengan Crew yang jelek untuk merugikan perusahaan, misalnya dengan menaikkan penumpang Sarkawian atau Paket Gelap)  

4. Pilih Kehidupan Yang Tepat Agar Mampu Mengelola Stress 

Mengelola jasa transportasi apalagi bus reguler, menuntut kesiapan anda 24 jam penuh untuk bekerja. Membutuhkan mobilitas tinggi untuk mengurusi kendaraan anda yang bisa rusak atau kecelakaan di tempat yang tidak dekat dengan rumah anda.

Bila anda mengelola bus reguler yang berangkat pagi dan pulang sore, maka setiap malam anda harus memastikan bahwa bus anda besok pagi siap diberangkatkan dengan kondisi kendaraan dan crew yang fit.

Bila anda mengelola bus malam maka anda harus siap bila tengah malam anda dapat kabar kendaraan anda rusak atau kecelakaan, dan anda tidak boleh panik.


Bila anda mengelola bis wisata anda harus siap dengan complain dari pelanggan (penyewa) 

Selain itu anda juga harus tertib dan disiplin menggunakan uang, karena bila anda mengelola bus reguler, setiap hari uang akan masuk dan setiap hari juga uang harus keluar untuk operasional.

Bila anda mengelola bis wisata jangan gegabah menggunakan uang yang sudah dibayarkan oleh pelanggan sebelum bis jalan, karena bisa terjadi kerusakan armada dimana anda harus mencarikan bis pengganti dengan harga yang umumnya lebih mahal. 

Yang tidak kalah penting harus dijaga adalah, karena tingkat stress yang tinggi, dan anda mungkin dikenal oleh orang luar sebagai orang kaya, godaan hidup mulai dari judi, narkoba dan wanita bisa menghampiri anda sewaktu-waktu.

Janganlah terpengaruh. ..., sudah banyak kisah nyata pengusahaa PO besar hancur karena godaan-godaan itu    
      
Itu tadi hanya sekedar sharing ringan, silakan ditanggapi bila ada yang tidak setuju...
Tapi jangan takut untuk merintis menjadi pengusaha PO yang sukses
Selamat Mencoba....

44 comments:

  1. Mantapbs tipsnya...
    Sangat bermanfaat...
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Misal baru mau merintis usaha bis apakah pakai bus lama tidak masalah? Karena masalah investasi yang harus dikeluarkan besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah seharusnya seperti itu, karena menurut Dosen saya pun dalam merintis usaha itu lebih baik memiliki aset sendiri meskipun cuma 1 daripada harus hutang sana sini dengan armada yang ratusan

      Delete
    2. Emang bener, cuman dari artikel diatas juga ada benernya klo misal kita baru merintis ya maksimal pake yang baru ,

      Delete
  3. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mas Yogi Satria salam perkenalan dengan say Budi Apsoro. Mas apakah saya bisa ketemu dengan anda, kalau boleh saya ingin meminta masukan dan tukar pikiran mengenai pendirian moda transportasi Pariwisata. Saat ini saya sudah ada usaha rental mobil dan ingin buka usaha moda transportasi Pariwisata tapi masih bingung harus memulai dari mana, dan sekiranya mas Yogi berkenan ketemu dengan saya bisa dihubungi di No. Ini : 082136888809. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka di Daerah Jabodetabek aja mas. Dan untuk awal pasang harga promo selama 3 Bulan. Insya allah selama 3 bulan apabila pelayanan bagus.banyak klien yg kembali pake busnya sampean..

      Delete
    2. Nanti kalau sudah punya bus kabari ya mas. Insya allah aku mau ikutan sewa buat Tour2 ku

      Delete
  4. Atau saya minta alamat Mas Yogi berikut No. HP nya. Terimakasih.

    ReplyDelete

  5. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  6. Di dealer tergantung unitnya merk apa dan tipenya apa.

    ReplyDelete
  7. APM Consultant siap melayani dalam Jasa Pendirian PT/CV Lengkap 1 (Paket) dan Izin-Izin lainnya sesuai dengan kebutuhan anda.

    Detail Layanan Pendirian PT/CV Lengkap (1 Paket):
    1. Akta Pendirian PT / CV
    2. Pengesahan Akta dari Kemenkumham
    3. NPWP & SKT Pajak
    4. SK Domisili Perusahaan (SKDP)
    5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    8. Konsultasi Terkait Izin & Bisnis Anda
    *Maks. Modal Dasar 1 Milyar
    *Khusus Area Jakarta & Bekasi, Luar Jakarta & Bekasi kami Siap Melayani (Biaya Hubungi Kami)

    ETA : 15 Hari Kerja
    Biaya : Rp. 6,5 Juta (PT) dan Rp. 5,5 Juta (CV)
    Tanpa Tambahan Biaya/Tanpa Biaya Tersembunyi

    APM Consultant
    Konsultan Perizinan dan Sistem Manajemen Mutu & K3L
    Hp/WA. 0811838617
    E-mail: apm-consultant@hotmail.com
    Website: https://apm-consultant.business.site/

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum warohmatullah. Taqoballahu minna wa minkum.
    Mohon izin siapa tau butuh souvenir karet untuk tour, saya produsen souvenir berbahan dasar karet.
    Produk berupa:
    Gantungan kunci
    Tatakan gelas
    Tempelan kulkas
    Handtag
    Bagtag
    Gelang
    Dll.

    Bagi yg minat hub wa 081297552053

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi, dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Pemberi Pinjaman Yuliana Saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    hanya Whatsapp +1 (323) 4026088
     BBM PIN (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete
  10. Artikelnya bagus. Sayang tidak diupdate lagi. Kalau bisa diupdate dengan artikel ttg transportasi bus

    ReplyDelete
  11. Hari yang baik,
    Nama saya Yully Eva, saya dari Indonesia. Saya ingin bersaksi tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya cahaya setelah dia diakui oleh dua kreditor internasional yang berbeda di Internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah mereka membuat saya membayar banyak pajak dan mereka tidak memberi saya apa pun dan tidak memiliki hasil positif. Saya kehilangan uang hasil jerih payah saya dan itu total (8o, 000,000 juta). Suatu hari saya menjelajah internet terlihat bingung dan frustrasi, kemudian saya menemukan kesaksian dari seorang wanita yang juga scammed dan akhirnya dikaitkan dengan kredit yang sah dan dapat diandalkan Ny. Anthony yuliana (anthony.yulianalenders@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya dirampok dari dua kreditor berbeda yang tidak lebih dari sekadar memberi saya kesakitan. Saya menjelaskan kepada mereka melalui email. Mereka mengatakan kepada saya untuk berhenti menangis karena saya akan mengambil pinjaman dari perusahaan mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah mengisi formulir pinjaman dan saya telah melakukan semua yang saya minta dan saya mendapat pinjaman (Rp 450.000.000,00 juta) setelah saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer, oleh perusahaan besar ini. Di sini saya senang dengan keluarga saya hari ini karena pemberi pinjaman Anthony yuliana telah memberi saya pinjaman, jadi saya bersumpah pada diri saya bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya, saya pikir orang lain juga sama saksi dan kreditor . Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat? Hubungi ibu segera melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    whatsapp kami di +13234026088
    BBM INVITE (E37F9BCC)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (yullyeva321@gmail.com)

    ReplyDelete
  12. Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkanbantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuanganmasalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untukmemulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayartagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulitmendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email: rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com"Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya:_____________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantanganhubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail: rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Anda dipersilakan untuk "AULIA CONSULT" kami adalah perusahaan pinjaman baru yang didukung oleh BANK DUNIA yang didirikan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kebutuhan bantuan di dunia, melalui bantuan keuangan. karena tingginya aktivitas penipuan yang terjadi di Indonesia, Jadi Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda meminta hipotek untuk meminta pinjaman Anda atau membayar tagihan Anda, mulailah perdagangan yang baik, atau Anda dapat menemukan uang untuk mendapatkan modal hipotek dari bank lokal, kami adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman tidak berguna untuk individu yang tertarik dan serius, perusahaan, badan hukum dan orang awam dengan tingkat keuntungan 2%.

    Kami memiliki akses ke koleksi pembayaran untuk perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis. Kami percaya bahwa kebajikan dan kenyamanan Anda adalah prioritas optimal kami, kami dapat berada di sini untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman dan kami datang untuk membantu Orang Baik INDONESIA di negara saya. dan pastikan Anda orang Indonesia sebelum Anda menghubungi kami, INDONESIA SAJA !!!

    CATATAN (NB); JANGAN MENGHUBUNGI KAMI JIKA ANDA TIDAK SERIUS !!!

    Surel; (auliafadhlan6@gmail.com)

    Layanan kami meliputi:

    Membayar Utang
    Pinjaman Komersial
    Pinjaman Pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk Pertanian
    Modal Ventura
    Dan lagi

    PINJAMAN KARYAWAN (NB);
    Setelah merekomendasikan aplikasi pinjaman, Anda dapat mengharapkan respons awal dalam waktu kurang dari 1 jam dan membiayai dalam waktu 24-96 jam setelah menerima pemberitahuan yang kami butuhkan.

    Surel; auliafadhlan6@gmail.com
    WhatsApp: (+12342018860)

    ReplyDelete
  14. Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Ny. Mainunah Elsa saya adalah warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tetapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan para peminjam pinjaman palsu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com PERUSAHAAN NAMA = KARINA ROLAND PINJAMAN PERUSAHAAN
    EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
    EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
    ACCOUNT NUMBER = 0826401612
    NAMA ACCOUNT = PINJAMAN YANG DISEDIAKAN MAINUNAH ELSAAP = Rp150.000.000
    BANK KODE = 004
    BANK NEGARA INDONESIA

    ReplyDelete
  15. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Halo mas Yogi... Saya baru saja mau memulai usaha bus pariwisata... Daerah solo raya.. yg saya tanyakan,apakah usaha ini menjajanjikn y?

    ReplyDelete
  17. Tolong baca dengan hati-hati sahabatku tersayang,
    Nama lengkap saya adalah Alison Peterson, warga negara 45 tahun dari negara tercinta saya.,
    Saya ingin Anda tahu bahwa saya menghubungi Mrs. Stephanie ketika saya membutuhkan pinjaman segera seperti yang lain dan dia membantu saya tanpa mengeluh. saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Seorang teman saya di Internet memperkenalkan Mrs.Stephanie kepada saya dan mengirimi saya emailnya, meskipun saya sangat takut scammed karena saya sudah pernah mengalami begitu banyak hal di masa lalu. Saya menghubunginya dan dia juga meminta saya melakukan pembayaran untuk pengiriman uang saya ke akun saya yang saya tolak membayar tetapi kemudian diyakinkan oleh orang yang memberi saya emailnya melalui Internet.

    Jadi saya mencoba membayar biaya pengiriman karena itu hanya harapan terakhir saya dan saya tidak punya uang lagi dengan saya tetapi saya tidak punya pilihan selain membayar uang setelah saya yakin bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya beberapa jam setelahnya harus diverifikasi.
    Hormat saya, saya takut tetapi kemudian pinjaman saya dikirim ke akun saya setelah semua stres. Saya sangat senang karena saya tidak dapat mempercayai mata saya ketika saya melihat uang di rekening bank saya, saya mengajar bahwa itu masih scam tetapi ketika saya sampai di bank untuk konfirmasi, saya mengkonfirmasi uang saya masih utuh. Saya sekarang membayar kembali cicilan bulanan saya melalui rekening bank tempat saya diminta untuk membayarnya. Saya mempercayai Ny. Stephanie dengan hidup saya. Tolong, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman yang Anda cari, coba lakukan pembayaran kepadanya sehingga Anda juga dapat dapatkan pinjaman Anda baik-baik saja..dia juga baik dan tepercaya, silakan lakukan dan Anda akan menerima pinjaman Anda di akun Anda saat ini ..... Saya percaya Ny. Stephanie Robert dengan hidup saya. Silakan hubungi Ms.Stephanie di: stephanierobertoanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Salam hangat dan salam sukses, begini bang saya mau tukar pikiran ini, harus berapa sih modal awal membuka po bus AKAP ?, soalnya saya juga masih umur 20th mana tau bisa saya tabung nantinya untuk membuka po AKAP, sekiranya Abang mau tukar pikiran nowa:081357976060

    ReplyDelete
  19. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir mengacaukan hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas kerja baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  20. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  21. Panduan Bermain Gets The Worm Sbobet Online Yuk Gabung Disini aja.. Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari!!!

    ReplyDelete
  22. Kumpulan situs Poker & DominoQQ Online Terpercaya di Era ini
    Kami telah Mengumpulan Situs Judi Poker & DominoQQ Dalam 1 Website ada 300 Lebih Situs Judi Online.
    DaftarPKVIDN -
    Poker88 -
    DewaPoker -
    MovieBioskop

    ReplyDelete
  23. Bismillah Ya Allah,Semoga Saya Punya Rezeki Yang Cukup Untuk Membangun Perusahaan Otobus Suatu Saat Nanti. Aamiin Allahuma Aamiin 🤲

    ReplyDelete
  24. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    ReplyDelete
  25. Pinjaman saya;Rp5,5 miliar.
    suku bunga pinjaman:1% saja
    W/App....: .... +6281617538564
    instagram: Aasimahaadilaaloanfirm
    twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .saya punya bukti pembayaran pinjaman saya. Saya bahagia dan lebih baik sekarang
    Kontak Aplikasi pinjaman besar
    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    ReplyDelete
  26. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    ReplyDelete
  27. Sangat bermanfaat,semoga menjadikan ilmu & pengalaman lebih👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  28. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com) Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  29. KABAR BAIK
    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut berhasil Anda tidak akan berhasil meskipun kesempatan datang dengan murah dan gratis, semuanya dimulai pada malam yang dingin saat di tempat tidur saya melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah sekian lama hari di bank mencoba untuk mendapatkan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya disuruh kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara di saya memikirkan tentang tindakan selanjutnya mungkin saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata jadi saya menyelidiki lebih lanjut dan datang di seberang seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan semua detail banknya ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya asli dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan karena kuncian virus korona, maka segera ke perusahaan pinjaman rossa stanley di mana ada bantuan BANK DUNIA untuk semua orang, jadi hubungi kami sekarang di perusahaan pinjaman rossa stanley sekarang untuk pinjaman dan bantuan keuangan Anda melalui salah satu saluran berikut di bawahEmail: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Telepon / SMS / WhatsApp: +1 (213) -315-3118
    Situs web: www.rossastanleyloan.org
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Lamar atau kunjungi kami di web di
    http: //www.rossastanleyloan.orgtentang kondisi saya dan formulir pinjaman telah diberikan saya mengisi dan mengajukan permintaan pinjaman $ 150.000,00 dan selebihnya kepada Kemuliaan Allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan ibu rossa jadi orang-orang tersayang jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk meminta bantuan saya yakin $ 150,000.00 cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu biaya gratis untuk menelepon atau WhatsApp saya di +62895342086181 atau tulis saya di hadiemi64@gmail.com dan facebook di Hadi emi dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu itu nyata

    ReplyDelete
  30. Saya ingin menasihati semua pencari pinjaman untuk bergegas ke perusahaan Ross Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan bunga 2%, ini cerita saya, nama saya Annisa dari Bali, Indonesia, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak bisa didapat dari internet, mungkin saja dan saya penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya, mereka adalah pemberi pinjaman palsu, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan Ibu Rossa adalah orangnya. Berhubung ada banyak lender palsu, awalnya saya skeptis, saya putuskan untuk minta pinjam ke ibu Rossa, maka saya menghubungi Bu Rossa untuk pengajuan pinjaman saya sebesar Rp 100.000.000,00 dan dalam waktu 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke bank BCA saya. rekening, dengan bukti jika Anda meragukan saya dan pinjaman ini datang dengan bunga yang sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, harus saya akui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai sekarang , meski ada juga yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan tulus saya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu saya Rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia berkata itu didukung oleh Amerika Serikat dan Bank Dunia untuk membantu miskin di sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan Saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu saya Rossa karena telah mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang perusahaan pinjamannya dan juga menghindari jatuh cinta pada peminjam palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu, Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, aplikasi dan teks whats, saya merasa dibandingkan dengan membagikan detail ini tetapi banyak yang sangat tidak serius dan akan menelepon ibu jadi saya hanya dapat memberikan alamat email kepada siapa saja untuk menghubungi ibu rossa Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan karena kuncian virus corona, maka segera ke perusahaan pinjaman rossa stanley di mana ada bantuan BANK DUNIA untuk semua orang jadi hubungi kami sekarang di perusahaan pinjaman rossa stanley sekarang untuk pinjaman dan bantuan keuangan Anda melalui salah satu saluran berikut di bawah iniEmail: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Telepon / SMS / WhatsApp: +1 (213) -315-3118
    Situs web: www.rossastanleyloan.org
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Lamar atau kunjungi kami di web di
    http://www.rossastanleyloan.org semoga ALLAH terus memberkati dan melindungi ibu rossa stanley yang baik hati dan pengertian ini.

    ReplyDelete
  31. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  32. Tips nya sangat bagus sekali buat saya sebagai Pemula..,

    ReplyDelete
  33. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete